Alun-alun Kota Batu -  Hi Smart Travelers, kita semua tahu kota Batu selama ini cukup terkenal dari sektor pariwisatanya. Kota Apel yang sejuk ini memiliki banyak pilihan wisata, misalnya saja Jatim Park, Batu Night Spectaculare (BNS), atau yang paling hot saat ini adalah Museum Angkut yang sempat dijadikan lokasi syuting video klilp Anang dan Ashanty.

Namun smart travelers, belum lengkap rasanya kalian berkunjung ke kota Batu tanpa menginjakkan kaki di Alun-alun Kota Batu. Kenapa saya rekomendasikan Alun-alun kota Batu? karena seharusnya seperti inilah tipe alun-alun kota yang ideal, bisa menjadi sarana rekreasi sekaligus edukasi. Alun-alun seharusnya bukan sekedar area dengan pepohonan yang kurang tertata dan tak terjaga kebersihannya, tapi bisa menjadi tempat refreshing dengan keluarga atau teman-teman.

ALUN-ALUN KOTA YANG UNIK
Bisa smart traveler lihat kan kalau Alun-Alun Kota Batu, Malang, bukanlah alun-alun biasa. Layoutnya unik, banyak sculpture lucu yang menghiasinya, selain itu warna-warni lampion raksasa membuat suasana alun-alun semakin semarak. Yang pasti Smart Traveler nggak akan rugi menghabiskan waktu di sini. Sekedar beristirahat bisa, sekalian berfoto-foto juga oke banget.

WAHANA BIANGLALA
Memasuki Alun-alun Kota Batu, Smart Travelers tak perlu kuatir merogoh kocek terlalu dalam, cukup siapkan saja ongkos parkir karena memang tidak ada biaya masuknya (100% gratis). Khusus untuk menaiki wahana Bianglala, Smart Travelers akan diminta membayar ongkos Rp. 3000 saja. Sangat murah karena dari atas sana Smart Travelers bisa menikmati sejuk dan indahnya Kota Batu. Jika ada smart travelers yang takut ketinggian, maka menikmati pemandangan alun-alun atau sekedar berfoto saja tetap tak akan merugi.


WAHANA BERMAIN ANAK-ANAK
Sebagai salah satu icon pariwisata Kota Batu, Alun-alun ini memang dikemas sangat menarik.  Tak hanya ada bianglala saja, smart travelers yang sudah berkeluarga bisa mengajak anak-anak ke sini. Di salah satu sisi alun-alun ada sebuah playground yang tentunya sangat menyenangkan bagi anak-anak. Ayunan, perosotan, dan jenis mainan lain tersedia untuk dinikmati anak-anak. Tak hanya itu, di area alun-alun juga banyak sekali air mancur yang menyegarkan suasana. Bahkan ada area air mancur tertentu yang bisa dibuat bermain air untuk anak-anak.

KULINER PILIHAN
Di sekitar Alun-alun ada cukup banyak tempat makan. Favorit saya adalah sebuah kedai mie pedas yang disebut Geng Cabe. Letaknya tak jauh dari Alun-alun, cukup berjalan sekitar 5 menit ke arah timur dan Smart Traveler akan dengan mudah menemukannya. Pedasnya mie dengan bumbu yang sedap dan topping jamur bisa dinikmati dengan harga murah, cukup Rp. 8500 untuk porsi besar, dan Rp. 6000 untuk porsi yang lebih kecil. Penampilannya memang sederhana, namun dijamin Smart Traveler akan ketagihan dengan rasa pedasnya yang mantap


Pasti Smart Traveler makin tertarik mengunjungi Alun-Alun Kota Batu Malang. Jika ada kunjungan ke kota Malang atau Batu, jangan lupa luangkan waktu sejenak ke Alun-alun ini. Banyak sekali area alun-alun yang mantap buat dijadiin background foto, salah satunya adalah patung Smartfren ini. Masih banyak patung-patung lainnya loh, makanya cobain sendiri kesana. Happy traveling and see you at my next post.


Go green dan selalu jaga kebersihan area wisata di Indonesia!