Hi teman, mau sharing aja. Adakah diantara kalian yang muak dengan pekerjaan yang dilakukan saat ini? yang tiap hari harus merayap dari tempat tidur dan berpikir "Oh, how do i go on?". Adakah diantara kalian yang merencanakan harinya dengan: Bangun tidur, survive, merayap ke tempat tidur lagi?. Aku pernah, dan saat ini aku sedang mengalaminya.
Saat kuliah dulu aku tak tahu bahwa tuntutan untuk mencari uang bisa membuat tertekan. Mungkin karena aku harusnya seorang mahasiswi sastra inggris namun akhirnya nyasar ke jurusan teknik sipil. Aku bingung kenapa aku yg melankolis, dramatis dan puitis ini harus berkutat dengan ilmu eksak. Menghitung. Menghitung. Dan menghitung. Bukannya aku tidak suka menghitung, tapi aku tidak memahami perhitungan itu.
Tiap harinya terasa begitu berat, rekan kerjaku semua pria, bapak-bapak yang sudah banyak berpengalaman. Tidak banyak tempat kerja yang repot-repot mengajari karyawan barunya, aku dituntut bisa sendiri, memahami alur pekerjaan sendiri. Namun itu bukan masalah terbesarnya, menurutku masalah terburuk yang bisa dialami karyawan adalah lingkungan kerja yang buruk. Teman-teman penjilat, bos galak, orang-orang dengan perkataan kasar.