Kamu hobi travelling? Suka bepergian keluar kota? Senang klayapan? Berarti kamu lebih expert dari saya, dan nggak ada gunanya postingan ini. Sekedar info kalo tips ini khusus buat orang-orang yang jarang bepergian, yang benci keluar kota buat urusan pekerjaan (saya banget!).
Curhat dulu bentar ya, belakangan ini perusahaan tempat saya bekerja hobi nyuruh2 pegawainya ngecek langsung di lokasi. Sebagai lulusan Teknik Sipil, bukan anak Sipil sejati kalo belum nginjek yang namanya tanah Kalimantan. Dan kesempatan ke Kalimantan gratis dari perusahaan gak akan saya lewatkan. Berhasil! Berhasil! Ada tapinya:
1. Ini urusan kerja, jadi nggak bisa ke pasar terapung. Gak bisa ke martapura nyari gelang.
2. Berangkat bareng atasan (alhasil gak bisa ngupil di sembarangan)
3. Tiap malam lembur gara2 deadline 3 hari harus selesai.

Setelah beberapa kali pergi ke luar kota dgn yg namanya rekan kerja pria (weits, berangkat ma pulangnya doang yg bareng, lainnya sendiri2) , aku jadi ngerti yang namanya Koefisien Baju. Rata2 pria koefisien bajunya cuma 0,7 sd 0,9, sedangkan wanita koefisiennya sekitar 1.2 sd 1.5. Maksudnya??

Pria yang keluar kota untuk seminggu, biasanya bawa baju untuk 5 hari. Wanita yang keluar kota untuk seminggu, bawa baju untuk 10 hari. Saya kan wanita yang gak mau repot, jadi bawa baju secukupnya (koefisien 1)