Aku baca cerita tentang seorang gadis yang bekerja sebagai penggerak maskot di China. Foto-foto gadis ini tersebar di situs2 forum internet dan menjadi bahan diskusi. Tak ada yang salah dengan pekerjaan gadis itu, namun tetap saja kita akan merasa iba melihatnya. Si peng-upload foto mengaku berprofesi sebagai fotografer dan mengabadikan kegiatan si gadis maskot secara diam-diam saat Guangzhou Auto Show tahun lalu.
Sang fotografer mengatakan ia tersentuh dengan gadis yang bekerja 6 jam dengan figur mobil berat dikepalanya dan kostum yang tebal, si gadis maskot harus menerima permintaan berfoto dengan semua orang. Tentu keadaanya berbeda dengan model cantik yang menerima bayaran lebih untuk berfoto dengan mobil terbaru. Lebih lagi, model akan jadi terkenal karena fotonya dipublikasikan di majalah dan internet.

"Awalnya aku mengira orang dibalik topeng tebal yang melayani permintaan foto adalah seorang pria"
"Aku memfoto ratusan gadis dalam show. Tapi ketika aku tiba di rumah dan melihat hasilnya, aku berhenti pada photo seorang gadis. Aku ingin membaginya dengan kalian."

"Meskipun gadis itu tak tahu tentang ini... kurasa kita layak memberi perhatian padanya..."

Berikut rangkaian foto si gadis maskot yang di poskan di forum online China:
Aku tak pernah menyangka bahwa seseorang dibalik kostum, yang selalu melayani pengunjung untuk berfoto adalah seorang gadis kecil yang manis.
Tanpa sengaja aku melihatnya melepas topeng karena panas. Ternyata Ia seorang gadis. Langsung saja kamera kuarahkan padanya, tanpa sadar belum menyetting kamera sebelumnya.

 Jarak kita hanya 10 meter. Foto ini diambil setelah aku mengatur setting kamera. Sebenarnya mereka ada 3, tapi dua temannya sedang bertugas. Ia sedang beristirahat beberapa menit dibalik gerbang, sementara aku bersembunyi agar Ia tak melihat.
Ia kembali mengenakan kostum dan siap untuk bekerja setelah beberapa menit mendinginkand diri
Ia mengangkat "mobil" (topeng) yang harus ia kenakan di kepala.
Ia berkeliling menarik perhatian pengunjung. Aku mengikuti dan memotretnya diam-diam. Nampaknya tak ada yang tahu dibalik topeng itu adalah seorang gadis muda.
 Ia menghibur banyak orang. Tapi Ia tak bisa berbusana indah seperti layaknya model di autoshow.
 Ia berfoto dengan seorang pengunjung yang mungkin akan menguploadnya di facebook atau twitter.
 Aku agak marah dengan pria dibalik maskot yang memutar topeng besar itu. Apa yang akan dirasakan gadis itu jika topengnya jatuh dan pengunjung mengenalnya...
 Maskot lain dengan busana peri melintas, kurasa perannya lebih beruntung karena tidak harus menyembunyikan wajah dibalik topeng besar.
Pria ini tak tahu bahwa yang dipelukknya seorang gadis. Jika si gadis maskot melepas topengnya, mungkin ia menolak berpose seperti itu.
 Si gadis maskot beristirahat lagi, jarak kita hanya 6-7 meter
 Dia terlihat lelah dan berkeringat. Tapi udara segar akan mengembalikan energinya.
 Kurasa ia seorang mahasiswa. Tapi aku tak berani bertanya padanya atau bahkan memujinya. Aku merasa tidak melakukan hal yang salah karena melanggar privacy seseorang.
Beberapa fotografer yang mengambil gambar model di auto show berdiri di dekatnya. Ada yang meminta izin mengambil gambarnya, tapi ia menolak dengan sopan.
Ia kembali ke pameran, dan memandangi seorang model yang lebih tinggi darinya sedang berpose dengan mobil. Adakah perasaan iri dihatinya...
Ia kembali melayani permintaan foto para pengunjung, tua muda pria wanita, tak ada perkecualian.
Ini diambil setelah 1 jam aku mengikutinya. Terlihat sangat lelah. Tapi aku seperti melihat air ketika ia melepas mobil besar itu dari kepalanya.
Disini ia menyadari bahwa aku memotretnya. Ia merasa canggung. Ia memegangi topeng besar seraya duduk melepas kostum.
Ia terlihat senang.
Saat matahari terbenam, ia melihat keramaian dari sudut tersembunyi...
Jarak kita hanya 10 meter. Terlihat ia sedang berbicara dengan petugas kebersihan, senyum dengan lesung pipit menghiasi wajahnya...
Seorang model melintas. Kulihat ada kerinduan dari si gadis maskot untuk menjadi Cinderella...
Pemandangan kontras gaya hidup dalam kehidupan yang keras...
 Foto terakhir ini mungkin membawa perubahan baginya. Semoga foto-foto ini akan membuatnya terkenal. Aku terkesan pada bagian ini. Aku tak tahu ia menyeka keringat atau air mata. Bagaimanapun kerja kerasnya patut kita hargai...


Nah, pernahkah kalian coba bayangkan wajah dibalik figure2 besar dan lucu di taman? Bayangkan betapa berat untuk berada didalamnya...