Hai kawan, pernah ngalamin yang namanya anyang-anyangan kah? Itu loh habis pipis rasanya nggak tuntas dan masih pengen pipis lagi, tapi keluarnya dikit-dikit, rasanya nyeri dan ngilu lagi... Pokoknya penyakit gokil yang satu ini bener-bener menyiksa sampe ke dengkul-dengkul deh.
Lagi asik2nya mainan galaxy note, eh tiba2 diserang penyakit anyang2an. Buat nyari solusi, aku berkunjung ke rumahnya Mbah Google, muter2 disana nyari info about anyang-anyangan dan bagaimana solusinya.
Ternyata rata-rata jawabannya sama, mirip satu sama lain. Intinya, aku pengen berbagi cara mengatasi anyang-anyangan, mulai dari cara yang aneh bin ajaib sampai yang terbukti secara klinis. Simak disini ya cara mengobati anyang-anyangan:

1. Mengikat Jempol kaki
Banyak yang bilang kalo cara ini ampuh. Emak saya yang paling baik sedunia juga nganjurin pake cara ini. Ada yang bilang ngikatnya pake karet gelang, ada juga yang bilang ngikatnya pake rambut sapu ijuk. Waktu masih kecil sih saya pake cara ini, lumayan berhasil juga. Tapi pas udah segede ini rada-rada gak percaya, soalnya belum terbukti secara medis.

2. Ngolesin Balsem ke Udel
Saya udah pake nih cara, dan bener sodara2, it works. Menurut saya sih, gara-gara udel kita pedes, kita jadi lupa kalo anyang-anyangan. Tapi kalo pedesnya udah ilang, kadang anyang-anyangannya kumat lagi... :(

3. Minum air putih yang baaaanyak
Ya efek sampingnya bisa seriing pipis. Tapi sehat loh. Apalagi buat kita yang hobi banget nahan pipis dan minum dikit, kan air seni kita jadi keruh dan berat. Tanda kurang minum itu. Bikin sering anyang-anyangan juga. Makanya kalo kamu anyang-anyangan, banyakin minum deh. Insya Allah bisa berkurang sakitnya. Lebih lancar juga nantinya.


4. Minum ramuan air jeruk nipis
Ini obat tradisional buat anyang-anyangan. Katanya sih mujarab, tapi aku belum nyoba, bingung mau beli jeruk nipis dimana. (Gag pernah ke pasar soalnya). Resepnya: cuci dan bersihkan 2 buah jeruk nipis. Peras airnya, tambahkan air segelas serta gula secukupnya. Minum dalam satu gelegekan (langsung diabisin maksudnya). Insya Allah manjur juga resep yang ini. Katanya kan air jeruk berfungsi buat ngatasin bakteri yang di bawah situ tuuuuh... jadinya gak ngeganggu proses transportasi, hehe...

5. Periksa ke dokter
Ini buat kamu yang ngalamin anyang-anyangan terlalu lama, berhari-hari lebih deh. Apalagi kalo anyang-anyangan kamu disertai demam dan sakit yang gak tertahankan dibagian pinggang dan bawah perut. Periksa ke dokter itu penting, siapa tahu kamu sedang terserang ISK (infeksi saluran kemih). Penyakit ini banyak sebabnya, mulai dari sering nahan pipis, jarang minum, salah cara cebok, sampai kurang higienis di daerah bawah. Kalo ke dokter kan solusinya jelas, kamu bakal di kasih antibiotik buat ngebantai bakteri di bawah sana.....

6. Minum rebusan air kumis kucing
Ini resep dari salah seorang komentator kita. Kayanya resep rahasia warisan nenek moyang deh, pastinya manjuuur. (iya kan? iya tho?) Yang bikin agak puyeng, nyabut kumisnya kucing itu loh, apa gak habis dicakar saya #eaaa.

7. Minum Minuman bersoda
 Sebenernya saya ragu nyaranin yang ini, tahu sendiri kan efeknya minuman bersoda buat kesehatan? Tapi saya sih doyan aja asal gak sering2. Nah beberapa orang mengaku kalo cara ini berhasil buat mengatasi anyang-anyangan. Mungkin ada hubungannya dengan soda yang punya efek mengeluarkan cairan dari dalam tubuh (bikin pengen pipis terus), tapi sebagai lulusan teknik sipil, saya gak tahu pasti...

8. Hindari Kebanyakan Makan Jengkol
Ternyata jengkol bisa menyebabkan retensi urine, bikin susah pipis. Dan anyang-anyangan adalah salah satu gejala keracunan jengkol. Selain itu, baunya menjengkolkan ya? :D

Nah sodara, jangan pernah nahan pipis lagi ya, gak sehat.  Kalo resep2 diatas manjur, kasih saweran ya, ntar saya peluk... #ih mureee...