Fokus setiap orang saat menonton atau membaca kisah Romeo dan Juliet kebanyakan akan berkisar pada mereka berdua. Tapi aku ingin mengungkap tokoh yang banyak diabaikan di sini. Cinta pertama Romeo. Bukan, bukan Juliet, cinta pertama Romeo adalah kemenakan dari Capulet, Rosaline.
Rosaline dalam Zeffirelli's Romeo and Juliet

Sebelum Romeo bertemu Juliet, ia mencintai Rosaline. Ia menggambarkannya dengan sangat indah "Semua yang melihat matahari, tak pernah melihat jodohnya sejak dunia dimulai", namun Rosaline tetap memilih untuk selibat. Romeo pun mengatakan "She hath forsworn to love, and in that vow / Do I live dead that live to tell it now". Dalam keadaan depresi itu ia membuat teman2nya tidak senang, Benvolio dan Mercutio pun memaksa Romeo untuk menyusup ke pesta dansa yang diadakan oleh Lord Capulet (Ayah Juliet), dengan harapan ia bertemu Rosaline. Mereka juga mengatakan "Rosaline akan terlihat seperti gagak jika disandingkan dengan wanita-wanita cantik yang lain".
Olivia Hussey  and Leonard Whiting as Romeo and Juliet (1968)
Meskipun ragu dan tidak percaya ucapan teman2nya, Romeo pun tetap menghadiri pesta dansa itu. Dan disana ia bukannya melanjutkan perasaan cintanya pada Rosaline, namun justru jatuh cinta secara tiba-tiba kepada Juliet. Dalam bayanganku, Rosaline mengatakan "Romeo, begitu dangkal cintamu".

Ya, menurutku cinta Romeo memang dangkal, ia memiliki hati muda, hati yang mudah berubah-ubah. Coba bayangkan jika ia dan Juliet berhasil keluar dari Verona dan hidup bersama, kehidupan mereka takkan bahagia. Mungkin Juliet berubah jadi ibu-ibu gemuk beranak lima, atau mungkin Romeo akan jadi pengangguran luntang-luntung. Karena itulah pengarangnya memutuskan mereka untuk mati saja. Bukankah cinta abadi adalah cinta yang dibumbui kematian, meskipun jiwa itu mati, tapi cinta itu yang akan abadi. Oh, omong kosong dari mana yang aku dapat ini.


Bagaimanapun ada sajak yang selalu kuingat dari kisah ini
"What's in a name? A rose by any other name would smell as sweet"
Apalah arti sebuah nama? Mawar dengan nama lain akan sama wanginya.

Serta lagu yang dibawakan Nino Rota pada film Romeo Juliet garapan Zeffirelli.

What is a youth?

What is a youth?
Impetuous fire.
What is a maid?
Ice and desire.
The world wags on

A rose will bloom,

It then will fade
So does a youth.
So does the fairest maid.

Comes a time when one sweet smile

Has it's season for awhile
Then Love's in love with me

Some may think only to marry.

Others will tease and tarry.
Mine is the very best parry,
Cupid he rules us all.

Caper the caper; sing me the song

Death will come soon to hush us along
Sweeter than honey and bitter as gall,
Love is a pass-time that never will pall.
Sweeter than honey and bitter as gall,
Cupid he rules us all.

Hmmm, what a nice song? Film Romeo Juliet garapan tahun 1968 ini yang paling kusuka.
Lalu siapa kalian, Romeo, atau Juliet, atau mungkin saja Rosaline, cinta pertama yang terlupakan?