Kalian percaya Cinta?

Sakit hati waktu Cinta ditolak?

Kesel waktu tahu kalau orang yang kita cintai ternyata homo?

Sakit hati waktu gadis pujaan selama 7 tahun ternyata menikah dengan pria lain?

Sedih gara-gara patah hati? Nggak usah sedih dan jangan kuatir, dokter cinta punya solusinya. Bukan main2, solusi yang saya maksud terbukti secara klinis mampu menyembuhkan penyakit cinta (paling nggak ngurangin sakitnya lah...). Pokoknya kalau pengen tahu cara mengatasi patah hati, mesti stay disini.

Sebelum ngomongin cara mengatasinya, kalian harus tahu cinta itu apa. Kalau kalian menganggap cinta sebagai sesuatu yang puitis romantis serta sulit diungkapkan dengan kata2, maka selamat! kalian berhasil dikibulin Shakespeare (sebagai bonus, kalian juga berhasil membuat saya muntah2, hoekh!)

Ehem, jadi begini anak muda, sebenarnya yang berpengaruh banyak pada cinta adalah DNA. Gelora asmaranya si Derby tak lain dan tak bukan adalah reaksi kimia. Hormon-hormon yang ada dalam tubuh kita itulah yang menyebabkan tingkah laku aneh orang yang jatuh cinta. Cinta dipengaruhi oleh pelepasan hormon yang membuat tubuh bereaksi merasakan berbagai perasaan dan emosi (Ihiiiiiir,.. prikitiuw... cekuwek...)


1. Dopamine
Inilah hormon yang bikin kalian ketagihan ketemu si dia. Sifatnya dopamine ini kaya kokain, jadi bikin ketagihan, pengen ketemu dia terus, pengen denger suaranya dia terus, pengen dekat2 dia terus. Pokoknya bikin kalian kecanduan deh. Nah orang dengan kadar dopamine rendah punya kecenderungan untuk mudah jatuh cinta serta mudah panik kalo ketemu orang yang dicintainya (waduh, kayaknya dopamineku rendah deh..)

2. Fenylethilamin
Hormon ini bikin orang yang jatuh cinta suka lebay gak karuan. nggombal gak karuan. "Dia adalah hidupku, hidupku tak berarti tanpanya, dia adalah nafasku, denyut nadiku" (hoekh!). Tapi jangan marah dulu pada kaum alay diluar sana, semua itu tak lain dan tak bukan adalah kerjaan si Fenylethilamin.
3. Endorphin
 Hormon ini membuat orang yang terkena sakit cinta menjadi bahagia, itulah sebabnya orang jatuh cinta perasaannya selalu berbunga-bunga, melayang ke angkasa, hidung kembang kempis.


4. Serotonin
Kalian pada tahu nggak kalo kadar serotonin orang yang jatuh cinta lebih rendah 40% daripada orang yang nggak lagi jatuh cinta. Jika serotonin rendah, seseorang cenderung bertindak obsesif, jadinya kalian pengen PDKT. Selain itu fungsi serotonin untuk mengatur mood seseorang, makanya kalo serotonin kita anjlok, bawaannya bisa bete. Singkatnya kalo seseorang kekurangan serotonin, bawaannya bisa depresi!!

Cara mengatasi patah hati, tinjaulah cinta secara logika!!

1. Berbagai penelitian menunjukkan cinta tidak abadi.
Setelah beberapa lama hormon2 yang berpengaruh pada jatuh cinta akan kehilangan  efeknya. Dengan kata lain kalian kebal terhadap efek hormon2 tadi. Perasaan tergila-gila bakal ilang, perasaan deg-degan kalau ketemu dia juga bakalan ilang. So kalo kalian hari ini patah hati tenang aja, akan ada saatnya kalian berhenti mencintai si Dia.

2. Makanlah coklat
Orang yang patah hati pastilah merasa sedih, untuk itu kalian harus mau mengkonsumsi coklat. Coklat mampu meningkatkan hormon endorphin yang fungsinya untuk membuat kita jadi bahagia. So lagi jatuh cinta atau patah hati, kalian akan tetapa merasa bahagia. (asal jangan berlebihan, ntar jadi ndut)

3. Tingkatkan hormon serotonin
Yakin banget deh, orang yang lagi jatuh cinta (tapi cintanya gak terbalas), orang yang lagi patah hati, pasti kadar serotoninnya rendah, makanya rentan depresi. Serotonin yang terlalu rendah bisa-bisa bikin kalian pengen bunuh diri. Karena itu harus diusahakan agar kadar serotonin dalam tubuh meningkat. Caranya adalah:
  • Berjemur di pagi hari. Bagaimanapun sinar matahari adalah natural prozac (obat depresi), jadi bisa membantu meningkatkan mood kita. Di luar negeri, terapi menggunakan cahaya terang merupakan metode ampuh untuk meningkatkan serotonin. (Mau tahu kenapa angka bunuh diri di Belanda lebih tinggi? Soalnya disana mendung!!)
  • Mulai melakukan aktivitas fisik (olahraga), aktivitas yang cukup berat bisa meningkatkan level serotonin.
  • Meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung tryptophan (byuh susyah banget nulisnya!!), misalnya putih telur, keju, dark chocolatte, katanya sih bisa meningkatkan serotonin.
4. Siap-siap bawa jengkol atau petai kalo ketemu si dia
Ini berhubungan dengan zat yang namanya feromon yang dikeluarkan si dia. Aroma badan khas si dia (lepas kecutnya keringat) mengandung feromon yang hanya bisa dideteksi oleh VMO di indra penciuman, sinyal dari VMO ini dijangkau oleh hipotalamus yang menimbulkan rasa ketertarikan terhadapnya. So kalo kalian bawa jengkol waktu ketemu dia, semoga feromonnya tertutup oleh aroma jengkol tercinta, kalian gak tertarik lagi deh..!!


5. Pasrah pada yang Mengecat Lombok
Bagaimanapun juga perih dan sakitnya patah hati, kalian mesti tetap berserah kepada-Nya. Mungkin Dia punya rencana lain yang jauh lebih indah. Amiiiiien....


Semoga tips-tips mengatasi patah hati diatas bisa membantu kalian...




Ditulis oleh:
Siapa lagi kalo bukan Lezian :D
Dari berbagai sumber.